- SELAMAT BERQURBAN SEMOGA MENINGKATKAN KESHALIHAH SOSIAL - SELAMAT MENEMPUH HIDUP BARU BAGI PASANGAN YANG BARU MENIKAH- IKUTI KURSUS PRANIKAH BAGI PASANGAN CALON YANG AKAN MENIKAH SETIAP HARI RABU - CEK BUKU NIKAH ANDA DI http://simkah.kemenag.go.id/infonikah atau klik SIMKAH ONLINE - NIKAH DI KANTOR BEBAS BEA- NIKAH DI LUAR KUA RP.600.000 DISETOR KE BANK - TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

HASIL SURVEY KEPUASAN PUBLIK


Gunungjati, 17/05/2013. Selama satu bulan sejak tangal 15 April 2013 sampai dengan 15 Mei 2013 telah dilakukan Survey Kepuasan Pelayanan Publik terhadap layanan publik Kantor Urusan Agama Kecamatan Gunungjati. Pelaksanaan survey mengacu kepada Keputusan Menpan No: Kep/25/M.PAN/2/2004 dengan jumlah responden sebanyak 150 orang dengan mengisi kuisioner. Responden dipilih sefara acak dengan latar belakang dan kondisi geografis yang berbeda, antara lain komunitas Majelis Taklim, komunitas Komplek Perumahan, Pegawai Negeri pada Madrasah dan Umum, masyarakat yang datang ke KUA untuk mendapat pelayanan serta masyarakat umum yang mengisi kuisioner melalui formulir online di Blog http://kuagunungjati.blogspot.com. Survey ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan publik KUA Gunungjati untuk kajian dalam peningkatan pelayanan secara keseluruhan.  Jawaban responden diharapkan mewakili sebagian besar masyarakat di Kecamatan Gunungjati ini tanpa ada intervensi dan tekanan dari manapun dalam memberikan jawaban karena masyarakat langsung mengisi kuisioner sendiri tanpa dibantu oleh petugas yang melakukan wawancara. Dari hasil pengolahan data diketahui hal-hal sebagai berikut :

Responden Survey :
Responden berusia 18-30 tahun   sebanyak  33 orang, umur 31-40 Tahun  : 56 orang, umur 41-50 Tahun : 42 orang dan umur 51 ke atas  : 19 orang. Penggolongan responden berdasarkan Jenis Kelamin; Laki-laki : 73 orang sedangkan Perempuan : 77 orang. Berdasarkan golongan pendidikan responden, berpendidikan SD : 08 orang, SLTP: 18 Orang, SLTA : 67 Orang, D1-D3 : 12 orang dan Sarjana S1: 45 orang. Penggolongan responden berdasarkan pekerjaan : PNS/TNI/POLRI : 24 orang, Pegawai Swasta : 50 orang,  Wiraswasta : 34 orang, Pelajar/Mahasiswa : 05 orang dan pekerjaan Lainnya   : 37 orang.

Pengolahan Data dan Kesimpulan :
Data dari 150 responden dikumpulkan dan diolah dari tiap unsur pelayanan yang berjumlah 14 unsur pelayanan. Setelah dilakukan pengolahan data  maka diketahui nilai rata-rata unsur dari masing-masing pelayanan sebagai berikut :

Dengan  demikian nilai indeks unit pelayanan hasilnya dapat disimpulkan sebagai berikut :
a.   Nilai IKM selah dikonversi =Nilai Indeks x Nilai Dasar = 3,117 x 25 = 77,92
b.   Mutu Pelayanan ditetapkan sebagai berikut :
 Hasil survey diketahui nilai Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 3,117 atau Nilai IKM setelah dikonversi sebesar 77,92 maka mutu pelayanan B dengan Kinerja BAIK.

Hasil survey ini tentunya menjadi kehgembiraan bagi kami bahwa selama ini kinerja yang kami lakukan secara keseluruhan dinilai positif oleh pengguna layanan KUA, namun tidak luput pula bahwa dalam beberapa sisi pelayanan perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian serius terutama dari pihak Kementerian Agama pusat sebagai penentu kebijakan terutama tarif pelayanan yang saat ini dibahas oleh Irjen dan komisi 8 DPR RI semoga cepat membuahkan hasil untuk kepastian tarif pelayanan nikah di KUA. Semoga bermanfaat.
Advertisement
ADSENSE
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2011-2099 KUA GUNUNGJATI - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger