- SELAMAT BERQURBAN SEMOGA MENINGKATKAN KESHALIHAH SOSIAL - SELAMAT MENEMPUH HIDUP BARU BAGI PASANGAN YANG BARU MENIKAH- IKUTI KURSUS PRANIKAH BAGI PASANGAN CALON YANG AKAN MENIKAH SETIAP HARI RABU - CEK BUKU NIKAH ANDA DI http://simkah.kemenag.go.id/infonikah atau klik SIMKAH ONLINE - NIKAH DI KANTOR BEBAS BEA- NIKAH DI LUAR KUA RP.600.000 DISETOR KE BANK - TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

MENGENALI KARAKTER CALON PASANGAN

Bagian dari Seri Penasehatan Suscatin

Mengenali kualitas calon suami atau istri bisa diperoleh dalam sekali jumpa, bisa harus berkali-kali, bisa juga baru dikenali setelah bergaul lama, bergantung cara bergaul dan ketajaman mata kepala dan mata hati. Agama membolehkan orang menikah dengan orang yang belum dikenali, semata-mata karena mematuhi pilihan orang tua, hormat kepada orang tua dan percaya maksud baik orang tua dengan alasan belum mengenali, karena ibarat transaksi jual beli jangan sampai terjad membeli kucing dalam karung. Oloeh karena itu agama membolehkan adanya komunikasi pergaulan antara calon suami dan calon istri.
Seberapa jauh ?
Ada tradisi masyarakat yang membebaskan hubungan antara calon suami dan calon istri, apalagi yang sudah bertunangan dengan maksud agar lebih sering saling mengenal antara keduanya. Seberapa jauh pengenalan mendalam perlu dilakukan terhadap calon istri dan calon suami ?. Pada masyarakat liberal pengenalan mendalam bahkan diperbolehkannya tidur bersama, agar keserasian seksualnya juga dikenali. Benarkah pengenalan mendalam di tempat tidur bagi calon pasangan akan benar-benar berguna bagi mereka kelak ketika benar-benar menjad suami istri ?. Suami istri bukanlah mutlak hubungan kontak rasional, tetapi juga kontak emosional. Emosi keindahan suami istri justru akan menjadi pondasi hubungan yang kokoh jika pada malam pertama mereka benar-benar mengalami “malam pertama”, keindahan malam pertama akan mengilhami dan memandu keindahan hidup hari-hari berikutnya  dan sangat berguna terutama ketika sedang menghadapi kesulitan. Hubungan suami istri yang indah akan sangat berperan dalam meredam kekecewaan yang disebabkan oleh berbagai kegagalan di luar tempat tidur nantinya ketika mereka mengarungi bahtera rumah tangga. Sebaliknya kekecewaan malam pertama akan dapat menjelma menjadi bom waktu yang setiap kali meledak setiap kali ada kekecewaan akibat kegagalan di luar tempat tidur. Kekecewaan malam pertama juga sering dijadikan dalih untuk melakukan penyelewengan.
Tali yang mengikat kuat hubungan suami istri dalam suka dan duka adalah kesetiaan. Ukuran kesetiaan yang tertinggi adalah tidak melakukan perzinahan atau hubungan seks dengan orang yang bukan suami atau istrinya. Hubungan seks antara calon suami dan calon istrinya dengan dalih apapun merupakan bentuk perbuatan ketidaksetiaan kepada norma, yaitu berhubungan seks di luar pernikahan. Ketika nanti ditengah krisis rumah tangga terjadi perbedaan tentang kesetiaan, maka pengalaman pra nikah itulah yang akan menjadi alat untuk saling menuduh, lha dulu situ belum nikah juga sudah mau saya gituin apa bedanya sekarang, kata suami. Dasar laki bejat, dulu saya dirayu-rayu, sekarang setelah bosan dengan saya, perempuan –perempuan lain yang dirayu-rayu.
Disinilah pentingnya menjaga kesucian pergaulan sebelum menikah. Agama tidak mengekang kaku, seperti hadits nabi misalnya mengatakan, jika melihat wajah dan kedua tangan seorang wanita membuatmu lebih terdorong untuk menikahinya, maka lakukanlah. Jadi Nabi membatasi wajah dan kedua belah tangan  karena dari kedua anggota badan itu, dengan menggunakan mata kepala dan mata hati sudah dapat dilihat karakteristik seseorang. Agama bahkan melarang wanita menutup muka dalam ibadah haji, karena dalam ibadah haji berlangsung pergaulan internasional yang memungkinkan ada lanjutan pada hubungan perkawinan atau perbesanan. Keindahan akan tetap indah jika hanya dilihat sebagian saja. Jika materi keindahan dibuka telanjang, maka sifat indahnya menjadi hilang, mati dalam dominasi bendawi.   Payudara wanita sungguh sangat indah jika kita melihatnya berada di balik pakaian, dan berubah menjadi tumpukan daging ketika dibuka telanjang. Belahan paha dan belahan dada sungguh sangat indah jika berada dalam imajinasi, tetapi ia akan berubah menjadi daging ketika setiap saat diperlihatkan kepada kita. Eksploitasi aurat wanita tidak melahirkan keindahan, tetapi merangsang hawa nafsu. Syahwat masih bisa melahirkan keindahan jika ditunaikan secara benar, tetapi hawa nafsu tidak pernah melahirkan keindahan. Hawa nafsu hanya akan melahirkan kepuasan sesaat yang memiliki keindahan palsu. Kegagalan dalam pemenuhan syahwat secara benar akan melahirkan kreatifitas  sedangkan kegagalan dalam memenuhi tuntutan nafsu akan melahirkan kemarahan dan dendam. ketika lamaran ditolak, seorang laki-laki mungkin akan introspeksi, memperbaiki diri dan posisi untuk kemudian setahun kembali berani melamar lagi dengan bergaining position yang berbeda, tetapi kegagalan memperkosa mungkin akan berlanjut dengan kejahatan, karena takut ketahuan, usaha memperkosa ditingkatkan menjadi usaha membunuh. Pengalaman kontak badan dengan calon istri/suami tidak akan menjadi asset berharga dalam kehidupan rumah tangga, sebaliknya pengalaman kesetiaan dan keteguhan menjaga kesucian ditengah banyaknya peluang dalam pergaulan pra nikah akan selalu mengalirkan rasa damai dan tentram sepanjang hidup rumah tangga.
Komunikasi cinta yang paling indah adalah jarangnya tatap muka, asal masih dapat berkirim surat secara berkala. Ungkapan kata-kata dalam surat sering lebih bersih dan orisinil dibanding kata-kata langsung, karena surat ditulis dengan sepenuh perasaan dan pertimbangan, sedangkan kata-kata langsung sering dipengaruhi oleh stimulus yang belum tentu sehat. Perjumpaan rutin yang terlalu sering apalagi berduaan yang terlalu sering akan melahirkan tuntutan ekspresi kangen dalam bentuk ciuman. Ciuman yang dilakukan secara rutin akan mengalirkan darah segar di dalam tubuh keduanya, yang bisa menggeletar dan berujung perzinaan dan jika hal itu sudah pernah terjadi mereka dituntut oleh ketagihan dan lama kelamaan hilanglah kejujuran, nurani, keindahan orisinal, yang tertinggal adalah nafsu yang menggebu-gebu.
Adapun surat cinta yang dikirim secara berkala, keindahan ungkapan cinta dalam surat itu akan tetap membayang pada hari-hari berikutnya sambil menunggu datangnya surat berikutnya. Sungguh keindahan surat cinta melebihi keindahan perjumpaan dan keindahan surat itu akan banyak menetap di dalam memori, ada juga yang masuk ke alam bawah sadar yang setiap kali dibutuhkan akan muncul meredam kekecewaan fluktuatif dalam hidup, muncul dalam kenangan atau muncul dalam mimpi. Kata-kata mutiara dalam bahasa arab berbunyi “ zur ghibban tazdad hubban” artinya kunjungilah kekasihmu jarang-jarang saja, maka cinta justru semakin bertambah.
Pengenalan mendalam terhadap karakteristik psikologis dan dzatiddin seseorang juga dapat dicapai melalui kebersamaan dalam kepedulian terhadap problem-problem kemanusiaan, misalnya dalam bersama-sama memikirkan bagaimana mengentaskan kemiskinan, bagaimana menyelenggarakan tepat guna bagi anak-anak miskin, bagaimana membela orang lemah dan sebagainya. Nah dalam ajang kepedulian seperti itu jatidiri dzatiddin seseorang akan muncul secara rasional. Jatuh cinta di medan juang seperti ini biasanya akan berlanjut menjadi pasangan suami istri yang memiliki visi, indah, bersemangat dan tetap berfikir besar meski belum tentu menjadi orang kaya. Medan kepedulian kepada masalah kemanusiaan itu lebih selektif dibanding medan ilmu pengetahuan. Teman kuliah yang kemudian menjadi istri belum tentu menjamin kesamaan visi, tetapi jodoh yang dijumpai di medan juang kemanusiaan hampir pasti menjamin kesamaan visi.
Upacara Pernikahan.
Ada empat rangkaian upacara dalam pernikahan, yaitu peminangan, pertunangan, akad nikahdan walimah atau resepsi. Empat upacara ini bisa dilakukan secara tertib dalam jadwal waktu yang relatif panjang, bisa juga keempatnya berlangsung dalam waktu beberapa hari atau bahkan satu hari.
Peminangan
Meminang atau khitbah merupakan tradisi lama yang bersifat sunnah. Artinya tradisi meminang adalah juga tradisi agama yang disunnahkan oleh rosul. Meminang adalah kesepakatan antara dua keluarga untuk saling berbesanan. Pinangan tidak melahirkan akibat hukum, artinya orang yang dipinang tetap bukan muhrim, tetap masih orang lain, tetapi melahirkan akibat etis. Agama melarang melamar gadis yang sudah dilamar orang. Selagi seorang wanita masih dalam status terlamar maka secara etis tidak boleh ada orang lain yang berusaha merebutnya, meski jika terjadi perkawinan yang kedua itulah yang sah, pelamar pertama terkalahkan, tetapi itu semua merupakan perbuatan yang tidak etis yang menurut perspektif menejemen spiritual bersifat tidak solaha, awal yang tidak pantas. Upacara peminangan tidak diatur oleh agama, tetapi diserahkan kepada kebudayaan setiap masyarakat. Sepanjang tidak berlebihan dan tidak mengandung elemen-elemen haram, maka upacara peminangan merupakan sesuatu yang dibolehkan atau mubah hukumnya.
Pertunangan (tukar cincin).
Upacara pertunangan merupakan pengukuhan dari pinangan artinya status tunangan tetap tidak mengubah status hukum, tetap orang lain yang bukan muhrim yang belum dihalalkan untuk bergaul bebas. Upacara pertunangan juga merupakan budaya masyarakat yang tidak diatur oleh agama. Sepanjang tidak berlebihan dan tidak mengandung elemen-elemen haram maka upacara pertunangan juga dibolehkan. Tukar cincin juga tidak menimbulkan akibat hukum. Tradisi tukar cincin berasal dari masyarakat barat, dimana seorang tunangan sudah seperti setengah halal. Pada sebagian masyarakat islam, upacara tukar cincin disesuaikan sedemikian rupa dengan ajaran agama, sehingga yang memasangkan cincin bukan tunangan tetapi calon mertua.
Upacara pertunangan yang terbuka bisa melahirkan suasana psikologis tertentu kepada masing-masing tunangan, oleh karena itu jarak antara pertunangan dengan pernikahan seyogyanya tidak terlalu lama. Dalam acara pertunangan itu seyogyanya sudah diumumkan ancer-ancer kapan pernikahan akan dilangsungkan. Status tunangan akan merupakan tantangan tersendiri, sehingga jika terlalu lama dapat terinveksi virus luar yang justru dapat memutuskan hubungan#. 
Sumber : (Perkawinan dan Keluarga No. 467/2011 hal 20-24)
Advertisement
ADSENSE
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2011-2099 KUA GUNUNGJATI - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger